Tarif KRL Commuter Line Jakarta-Bogor Turun, Rute Lainnya Belum

Dialog antara PT KAI, KRL Mania, dan Komisi V DPR menghasilkan keputusan tarif KRL Commuter Line Bogor-Jakarta turun dari Rp 9.000 menjadi Rp 7.000. Bagaimana dengan rute lainnya seperti Bekasi-Jakarta dan Serpong-Jakarta? Jawabannya belum diputuskan.

"Jakarta Bogor tarifnya menjadi 7.000 untuk KRL AC Ekonomi (Commuter line), yang lainnya mereka (PT KAI) masih merapatkan," kata Humas KRL Mania Agam Faturrachman saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/6/2011).

Berdasarkan bocoran yang dia terima, Agam mengatakan, tarif perubahan untuk KRL Commuter Line non Jakarta-Bogor berkisar antara Rp 5.500 hingga Rp 6.000. Sebelumnya, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mematok tarif Rp 8.000 untuk sekali naik.

Agam menjelaskan, sebelum akan diberlakukannya KRL Commuter Line atau dihapuskannya KRL Ekspres, tarif KRL Ekonomi AC non Jakarta-Bogor Rp 4.500. Dengan tarif baru Rp 8.000 itu, berarti ada kenaikan sebesar 70 persen lebih. Sementara tarif KRL Ekonomi AC Bogor Jakarta sebelumnya bertarif Rp 5.500 menjadi Rp 9.000 (naik 64 persen).

Menurutnya PT KCJ dikabarkan juga sedang mempertimbangkan untuk memasang tarif berdasarkan sistem zonasi atau menyesuaikan jarak. Semakin jauh tujuan penumpang, maka akan semakin mahal ongkos yang dibayarkan.

"Konsern kami masih sama, yaitu meminta tarif yang lebih adil dan jadwal yang sesuai dengan kebutuha penumpang," katanya.

Selain tarif turun, Agam mengatakan, pihaknya mengharapkan adanya pelayanan yang lebih baik lagi pada KRL Commuter Line. Pelayanan tersebut antara lain adalah pemberitahuan nama-nama stasiun di mana KRL Commuter Line berhenti, pembuatan tempat duduk prioritas, dan jaminann keamanan bagi penumpang,

"Kalau ada ibu-ibu hamil mohon ada kursinya. Kalau yang sekarang itu ibu hamil dibiarkan berjuang sendiri. Kadang-kadang ada penumpang yang egois. kita sudah tegur tapi bersikeras. Jadi masih banyak yang perlu diperbaiki. Kita berharap KRL menjadi tulang punggung transportasi Jakarta," katanya.
sumber : http://bandungnews.com/


 

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes